Tips Pintar bagi Mahasiswa/I Elizabeth International Untuk Berkarir di Industri Perhotelan Setelah Melaksanakan On The Job Training

Hai Ezzian, On The Job Training menjadi salah satu syarat buat kalian dalam menyelesaikan proses pembelajaran di Elizabeth International. Disamping itu On The Job Training juga bisa menjadi alternatif untuk pengembangan karir. Selain pengalaman yang bakalan kalian dapatkan di tempat On The Job Training, keterampilan kalian juga bisa berkembang.

Banyak manfaat dari mengikuti On The Job Training yang bisa kalian dapatkan. Dengan mengikuti On The Job Training di perusahaan yang kompeten, kalian akan mendapatkan pengalaman bekerja secara profesional. Selain mendapatkan pengalaman bekerja, On The Job Training juga bisa memberimu koneksi dengan orang-orang baru yang lebih profesional di bidangnya.

Tidak semua peserta On The Job Training yang bisa diangkat menjadi pegawai tetap. Mereka yang berhasil diangkat menjadi pegawai tetap tentunya memiliki kualifikasi yang lebih, yang memenuhi standart perusahaan. Tidak sulit untuk membuat kalian diangkat  menjadi fulltime di tempat kalian melaksanakan On The Job Training. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar bisa di angkat menjadi pegawai tetap tadi tempat kalian melaksanakan On The Job Training.

1. Attitude yang baik dan beri kesan yang positif

Mendatangi tempat yang baru atau masuk ke lingkungan baru tentu saja kita harus menjaga sikap kita, bersikap baik dan memberikan kesan yang positif akan membuatmu lebih diterima di tempat tersebut. Apalagi saat mengikuti kegiatan On The Job Training, dimana kalian datang dengan tujuan tertentu, tentu harus menjaga etika ketika berada di tempat magang tersebut. Mulai dari menjaga etika seperti bersikap ramah, memberi respon yang baik, tidak bersikap arogan atau pun cuek dan yang terpenting mentaati peraturan di tempat kalian magang. Berikan kesan positif selama kalian melakukan On The Job Training di tempat itu. Hal sekecil apa pun akan mempunyai dampak yang baik jika kalian melakukannya dengan senang hati.

2. Lakukan tugas dengan sebaik-baiknya

Hal lain yang akan memberi kalian nilai plus saat melakukan On The Job Training  adalah dengan melakukan tugas sebaik-baiknya. Meskipun kalian belum memiliki pengalaman untuk bekerja, namun pihak perusahaan akan menilai dari kesungguhanmu dalam menyelesaikan tugas kalian. Perusahaan akan memberikan tugas yang biasanya sudah disesuaikan dengan kemampuan kalian, jadi tidak perlu khawatir jika kalian tidak bisa menyelesaikannya. Kalaupun tidak paham terhadap tugas tersebut, kalian bisa belajar dengan bertanya kepada trainer atau pembimbing kalian. Tidak melulu dengan hasil yang bagus, kadang lewat keseriusan dan kesungguhan kalian dengan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya akan  membuat perusahaan memberikan nilai tambah pada kalian. Tapi tetap lebih baik kalian juga memberikan hasil yang terbaik terhadap tugas yang kalian kerjakan.

 3. Datanglah tepat waktu (on-time) dan on-target

Sebuah perusahaan tentunya memiliki target yang harus dicapai atau KPI, yang harus dicapai agar kredibilitas perusahaan tetap terjaga. Salah satu hal yang ditekankan disini adalah efisiensi waktu dan bekerja dengan cepat dan tepat. Apalagi perusahaan tempatmu magang adalah perusahaan besar dengan sistem kerja yang sangat cepat, disana kalian tidak bisa membuang-buang waktu untuk hal-hal yang kurang penting. Seperti datang tepat waktu misalnya, perusahaan juga memiliki standard toleransi terhadap keterlambatan karyawannya, namun beberapa tidak mentolerir hal tersebut. Bagi kalian peserta On The Job Training biasakanlah untuk datang tepat waktu, karena itu bisa membantu penilaian perusahaan terhadap kalian.

4. Berpenampilan rapi dan menarik

Kesan pertama memang haruslah yang baik, teruslah berusaha untuk memberikan kesan pertama yang baik dan positif terhadap perusahaan tempat kalian melaksanakan On The Job Training. Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat kesan baik terhadap diri kalian, salah satunya dengan berpenampilan rapi. Cobalah berpenampilan rapi dan ditambah dengan penampilan yang menarik merupakan hal yang lebih bagus. Tidak mau kan mereka memberi kalian penilaian yang buruk karena melihat penampilan yang kurang rapi. Penampilan karyawan merupakan cerminan wajah dari perusahaan, untuk itu kadang di informasi lowongan kerja terdapat syarat yang mengharuskan berpenampilan rapi dan menarik meskipun tidak berurusan dengan client secara langsung. Selain karena lebih enak jika melihat sesuatu yang rapi dan menarik, berpenampilan rapi juga bisa mengisyaratkan kesungguhan dalam mengikuti On The Job Training di tempat tersebut. Berpenampilan rapi tidak harus yang berlebihan, namun tetap sesuaikan dengan keadaan dan situasi saat di tempat melaksanakan On The Job Training.

5. Jadilah pribadi yang aktif

Jadilah pribadi yang aktif saat kalian berada di tempat melaksanakan On The Job Training. Mulailah dengan bertanya tentang pekerjaan apa yang akan kalian lakukan kepada Supervisor/Manager di tempat On The Job Training. Kalian juga harus lebih aktif bertanya jika kalian tidak mengerti dengan tugas yang kalian dapatkan. Terkadang Supervisor/Manager kalian tidak akan sempat mengecek satu persatu pekerjaan kalian jadi berikan laporan kepada Supervisor/Manager kalian setelah selesai mengerjakan tugas dan mintalah kritik serta saran. Saat tugas kalian sudah selesai semua dan tidak memiliki tugas untuk dikerjakan, bertanyalah pada Supervisor/Manager kalian untuk pekerjaan/tugas selanjutnya. Hal -hal seperti itu juga akan dinilai oleh Supervisor/Manager dan akan menjadi pertimbangan perusahaan terhadap diri kalian. Dengan menjadi pribadi yang aktif juga akan menunjukkan keseriusan kalian dalam mengikuti On The Job Training. Namun jangan melakukan tindakan aktif yang berlebihan hal itu akan menjadi bumerang untuk kalian.

6. Bangun koneksi dan relasi baru

Attitude yang baik, penampilan yang rapi, etos kerja yang bagus, memiliki management waktu yang baik tentu akan memudahkan kalian dalam membuat koneksi dengan orang-orang disekitar. Buatlah koneksi sebanyak mungkin ditempat melaksanakan On The Job Training. Hal itu akan memudahkan kalian untuk mendapatkan rekomendasi aatupun saran dari orang-orang profesional.

Dengan membangun koneksi, kesempatan kalian untuk diterima sebagai fulltime (staff) di tempat melaksanakan On The Job Training akan semakin besar. Tentunya mereka akan senang merekomendasikan kalian sebagai karyawan tetap (staff) di tempat itu jika kalian sudah membangun relasi yang bagus disana. Bahkan tidak jarang tawaran tersebut datang langsung dari pendiri perusahaan tersebut, karena melihat hasil kerja dan sikap kalian.

Nah para Ezzian semuanya,  sudah tahu kan sekarang bagaimana tips pintar untuk bisa berkarir dengan cepat setelah melaksanakan On The Job Training. Memang tidak semua peserta On The Job  langsung diangkat menjadi karyawan tetap (staff), namun dengan bersungguh-sungguh dan melakukan tips di atas,  akan membuat kesempatan kalian menjadi semakin besar. On The Job Training  yang kalian lakukan bukan semata-mata karena tuntutan akademis, namun manfaatkanlah waktu On The Job Training  kalian untuk mulai membangun karir juga. Untuk kalian mahasiswa/i Elizabeth International yang akan mengikuti On The Job Training, carilah tempat On The Job Training yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Semangat berkarir para Ezzian. Salam Sukses Luar Biasa


Ikuti Kegiatan Kami di  Youtube dan  Instagram. Salam Sukses luar biasa!!!