Tujuh skills yang diperlukan di Era Digital

Masih bingung bagaimana menentukan jurusan saat kuliah nanti?

Menentukan jurusan di bangku kuliah bagi sebagian teman – teman kita merupakan hal yang gampang gampang susah, namun bagi sebagian yang sudah memahami trik – triknya hal ini merupakan hal yang sangat mudah.

Kita bisa memadukan antara keahlian yang sudah kita miliki, kebutuhan era saat ini, minat kita dan tentu saja rencana jangka panjang kita.

Hal pertama yang kita mengerti tentu saja bidang apa yang kita mau, namun sudahkah kita berfikir apa yang jaman ini kehendaki dari kita? Saya yakin belum semua dari kita memikirkan hal ini…..

Era digital saat ini mengingikan orang – orang yang memiliki tujuh skills atau keahlian;

Keahlian 1; Mampu berkomunikasi secara professional melalui media sosial.

Media sosial saat ini merupakan media ‘wajib’ dipahami oleh setiap orang untuk berinteraksi lebih luas dan semakin luas dalam berbagai bidang, termasuk pada akhirnya dalam tatanan perusahan secara professional. Platform media sosial pun semakin berkembang dengan pola dan gayanya masing msing, seperti; facebook, twitter, Instagram, LinkedIn, dll. LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang mengakomodasi komunikasi para professional untuk berbagi informasi tentang dunia kerja maupun lowongan pekerjaan. Kemampuan bekomunikasi dan berinteraksi secara professional inilah yang harus kita bangun di awal.

Keahlian 2; Memahami bagaimana mengoperasikan Gadget dan Laptop

Sebagai generasi milenials, tentu kalian tidak pernah berfikir bahwa gadget dan laptop itu memiliki fungsi yang terbatas, tetapi sangatlah luas, baik hal – hal yang mendukung pekerjaan kita secara konvensional maupun seluruh aktivitas kita secara online. Kegunaan gadget dan laptop yang sangat luas baik untuk kita sendiri sebagai individu maupun kebutuhan sebuah Lembaga atau perusahan dimana saat ini kita sedang berada, seperti sekolah atau kampus tempat kita belajar atau perusahan tempat kerja kita. Memahami bagaimana cara mengoperasikan gadget dan laptop tentu saja merupahan keahlian dasar yang harus kita miliki.

Keahlian 3; Pemasaran internet dan kemampuan promosi

Bidang pemasaran dan promosi merupakan ujung tombak setiap perusahan, yang mana sebaiknya difahami oleh seluruh karyawan walaupun tidak semua karyawan pada perusahan tersebut melakukannya secara langsung. Kita sering kali mendengar bahwa marketing atau pemasaran kita lakukan dengan dua cara yaitu pemasaran secara langsung (direct marketing) dan pemasaran secara tidak langsung (indirect marketing). Nah, salah satu dari dua cara pemasaran ini pasti kita lakukan ketika kita bekerja pada sebuah perusahan, walaupun kita berada bukan pada bagian marketing. Ketika kita mampu mempromosikan sesuatu serta melakukan pemasaran secara internet, kita telah menempatkan diri kita untuk berperan meningkatkan pendapatan (revenue) perusahan tempat kerja kita.

Keahlian 4; Mampu mengambil dan meng-edit gambar melalui smartphone

Di manapun saat ini kita berada, aktivitas apapun yang kita lakukan baik kita seorang siswa, mahasiswa maupun seorang karyawan sebuah perusahan, untuk bisa berbaur ‘mingle’ di dalam komunitas kita masing – masing saat ini, di era digital melakukan pengambilan gambar dan editing menggunakan smartphone sudah menjadi keseharian kita, dan begitulah hendaknya. Di dunia kerja, beberapa kategori perusahan menempatkan kemampuan ini akan menjadi hal dasar yang dilihat saat dilakukan seleksi karyawan.

Keahlian 5; Memahami Search Engine Optimization sebagai nilai tambah

Sudah pada tahu kan,….. ketika kita mencari informasi di internet melalui browser tertentu, kadang kita tidak selalu mendapatkan informasi tersebut dengan cepat. Ada yang tahu apa alasan dari kecepatan pencarian tersebut? Ya, salah satunya adalah kata kunci pencarian. Ada sebuah platform yang mengelola pencarian tersebut yang dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). SEO ini juga merupakan sebuah alat yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah nama (baik perusahan, dll.) dalam pencarian di internet. Ini merupakan sebuah relevansi terhadap kredibilitas perusahan tertentu di internet, ketika perusahan tersebut terlihat/visible pada halaman terdepan saat pencarian ‘search’.

Keahlian 6; Meningkatkan skill dan kemampuan yang dimiliki saat ini

Mengehui bahwa kita memiliki kemampuan dan keahlian dalam beberpa hal, merupakan poin posistif buat diri kita sendiri, untuk bisa selalu meng-update dan meningkatkannya secara terus – menerus sesuai dengan kebutuhan jaman dan perkembangan dunia industri dan bisnis merupakan sebuah added value bagi diri kita. Bukan hanya untuk kepentingan berkarir pada sebuah perusahan tetapi juga ketika kita bergerak dalam bidang kewirausahaan atau entrepreneurship.

Keahlian 7; Memiliki kemampuan mempromosikan produk melalui video

Memiliki skill atau keahlian dalam mengenalkan sebuah produk, mampu mengidentifikasikan keunikan dan ciri khas dari setiap produk yang dihasilkan oleh industri dimana kita berada dan pada akhirnya memiliki trik – trik membawa pruduk tersebut dengan segala keunggulannya kepada masyarakat. Ini merupakan skill marketing yang fundamental, dan menjadi poin penting dalam peningkatan revenue (penghasilan) sebuah perusahan.

Adakah sebuah Lembaga yang telah tersadar akan pentingnya ke-tujuh skill dan kemampuan tersebut? Ditengah – tengah berkembangnya dunia pariwisata dengan segala dinamikanya, Elizabeth International, sebagai salah satu kampus perhotelan yang berbasis digital telah membuka sebuah jurusan exclusive yang mengakomodasi kepentingan tersebut, jurusan yang keren; Hotel Frontliner, Communication and Digital Marketing.

Kuliah pada jurusan Hotel Frontliner, Communication and Digital Marketing ini, akan mampu memandang bagaimana Elizabeth International, sebuah kampus perhotelan yang mampu memberikan perbedaan mendasar dengan beberapa kampus perhotelan lain mengenai beberapa keahlian yang berhubungan (certain related skills), dimana kampus perhotelan biasanya memberikan pengajaran dan pelatihan satu keahlian dengan mendalam.

Elizabeth International telah mengkombinasikan ketiga bidang yang berbeda tersebut dalam satu jurusan yang sagat apik dan menarik.

Front Office, akan selalu berkaitan dengan guest cycle, yaitu siklus tamu menginap di hotel mulai dari sebelum kedatangan, saat kedatangan, saat menginap dan saat keberangkatan dari hotel. Mempelajari bidang Front Office akan berbarengan dengan meningkatkan soft skill kita secara tidak langsung, seperti how to deal with difficult customer, handling customer complaint, dan lain – lain.

Communication, merupakan salah satu skill yang dipelajari selama belajar di jurusan ini dimana di dunia industri perhotelan akan sangat luas implementasinya, mulai dari komunikasi secara internal, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar serta hal – hal yang berkaitan dengan pemasaran.

Digital Marketing, merupakan bidang pemasaran yang berbasis digital, yang biasanya menggunakan platform tertentu. Selain website hotel, hotel biasanya menggunakan Online Travel Agent untuk membantu pemasaran kamar dan fasilitas lain yang masuk ke dalam category hotel revenue center. Online Travel Agent ini biasanya akan dikolaborasikan dengan channel manager yaitu sebuah platform untuk mengatur ketersediaan kamat secara online.

Nah..……. sekarang sudah memiliki keyakinan ya, dengan jurusan Hotel Frontliner, Communication and Digital Marketing ini, yang hanya ada di kapus perhotelan terdepan berbasis digital, Elizabeth International.


Ikuti Kegiatan Kami di  Youtube dan  Instagram. Salam Sukses luar biasa!!!